Kandungan Tashawwuf

                                                              

Kandungan  Tashawwuf
Kalau kita pelajari dengan seksama tentang ajaran tashawwuf, maka akan kita jumpai diantara sekian banyak isi ajarannya ialah :
1.     Metaphisica.
2.     Ethica.  
3.     Psychologia.
4.     Aesthetica.
 
1.      Metaphisica.
Metaphisica adalah suatu perkataan yang berasal dari bahasa Yunani, yang tersusundari dua kata ialah : meta berarti sesudah, selain, diluar, sedangkan phisica berarti alam nyata atau alam maujud.  Maksudnya ialah hal-hal yang diluar alam dunia atau  maa-ba’da thabiah   untuk istilah Arab. 
Dalam hubungannya dengan tashawwuf maka lebih tepat kita sebut ilma ghraib yang berunsurkan pada keimanan, iman tentang adanya Tuhan, Malaikat, surga, neraka dan lain-lainnya. Ingat terhadap unsur-unsur akhirat adalah merupakan ajaran orang-orang shufi yang utama. Sebab dengan mengingat-ingat unsur akhirat maka mereka lebih mudah dan lebih ringan untuk menjalankan ibadah dan berhalwat, bertaqarrub kepada Allah s.w.t, maka dikatakandemikian :  
Sebab dengan adanya ingat akan surga  umpama yang dipenuhi dengan keni’matan-keni’matan dan aneka keindahan sehingga kepada  ru’yat  yang merupakan ni’mat terbesar dia cinta kepada Allah.  Dan sebaliknya dengan    mengingat-ingat api neraka dengan segala siksanya, maka hal ini akan lebih cepat membawakan dia kepada khauf dan raja’, takut kepada Allah atas segala siksaan dan murkaNya, dengan penuh harapan akan segala ampunan dan rahmatNya. Maka  dengan mengingat kedua unsur akhirat saja akan membawakan orang shufi lebih mudah untuk bertaqwa, bermunajat kepada Allah sebagai pemilik surga dan api neraka.
Dalam Al-Qur’an berulang kali Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman mengerjakan amal shaleh akan beroleh surga keni’matan dan sebaliknya mengancam dengan api neraka dan segala siksaannya kepada orang-orang yang durhaka dan meninggalkan kewajiban.
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal  amal shaleh bagi mereka surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, itulah keberuntungan yang besar.’’ (QS. Al-Buruuj. 11) 
 “Sesungguhnya orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh itu adalah sebaik-baik makhluk. “Balasan mereka disisi Allah mereka surga ‘Adn  yang mengalir dibawahnya sungai sungai mereka kekal didalamnya selama – lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang-orang yang takut Allah.’’
 (QS. Al- Bayyinah 7- 8)
 “Maka barang siapa yang mengharap perjumpaan dengan Tuhannya hendaknya ia mengerjakan amal aleh.’’  (QS, Al – Kahfi  110)

0 komentar: