Asal Nama Tashawwuf

 
Asal nama Tashawwuf 
Diatas sudah kita ketahui asal kata tashawwuf dari kata shaafa yang mempunyai katabenda ``shuuf`` artinya bulu. Tapi selain itu masih banyak pendapat-pendapat yang menyatakan  asal tashawwuf diantaranya ialah :                                                             
{a}.  Berasal  dari  kata  shuufah   artinya  sepotong  dari  bulu,  sebab  mereka ini tidak diperhatikan oleh khalayak ramai sebagaimana sepotong bulu yang dibuang. Orang yang berpendapat demikian ini karena menyamakan shuufi dengan kuufi nisbat dari khuufa. Jadi shufi adalah nisbat dari shuufah.
{b}.    Atau  berasal  dari  kata  shaff   yang  artinya  barisan, sebab orang-orang shufi suka  memilih shaff  awal apa bila shalat berjamaah.
{c}.   Ada  juga  yang  mengatakan  dari  kata  shifah  sebab  orang-orang   shufi   senang membicarakan sifat-sifat Allah atau karena berusaha merealisir shifat-shifat baik pada dirinya.     
{d}.  Berasal dari kata shuffah yaitu suatu kamar disisi mesjid Rasulullah yang disediakan untuk para faqier  Muhajirin di zaman Nabi s.a.w. Jadi pendapat ini menyamakan ahli tashawwuf  dengan ahli shuffah karena mereka berkumpul, berkasih – kasihan, bersahabatan demi Allah  dan  untuk  Allah.
{e}.    Atau mungkin dari kata shafaa yang artinya bersih, karena meraka selalu berusaha membersihkan diri  dari  sifat- sifat  yang tercela dan menghiasi diri dengan sifat-sifat yang terpuji.
Demikianlah diantara pendapat-pendapat tentang asal kata shufiah atau tashawwuf dari beberapa kitab. Akan tetapi  dari sekian  banyaknya  pendapat  tentang asal kata  shufiah atau tashawwuf tidak ada pendapat yang lebih kuat dari pada pendapat yang mengatakan bahwa tashawwuf itu dari kata shuuf.  Sebab kata shuuf ini sebagai kata dasar, jadi tujuannya dari segi nyatanya. Sedangkan pendapat lainnya hanya berdasar  kan kepada keadaan, tinjauannya adalah dari segi ma`nawi.
Ibnu Taimiyah dalam akhir uraiannya tentang asal shufiah mengatakan bahwa qaul yang  terkenal :  bahwasanya  shufiah  adalah  nisbat dari   kata  shuf  dan  riwayat ini adalah  yang   paling   dekat   untuk   bisa   diterima   dalam  suatu   alasan.   Hal ini dikemukakan setelah beliau membantah pendapat – pendapat yang mengatakan bahwa kata shufiah asal dari ahli shuffah dan shaff. Sebab andaikata dari kata shoff  maka akan disebutkan : shuuffiun, dan andaikata dari kata shaff maka akan dikatakan shaffiun

0 komentar: