Hukum

                                                                                       

 

Hukum.

           Yang   dimaksud  arti  Hukum  yaitu  :

Hukum  yaitu   menetapkan  suatu   pekerjaan  dan  mentiadakan   suatu  pekerjan.  Dan  hukum  itu   terbagi   atas  tiga  bahagian  :

1)              Hukum   Syara’.

2)              Hukum   Adat.

3)              Hukum  ‘Aqal.

{1}.    Hukum   Syara’.     

Hukum Syara’  yaitu :  Perintahan  Allah  Ta’ala  yang  dismpaikan kepada  Rasulnya,   kewajiban dan  larangan,   yaitu :  wajib,  sunnat,   harus,  haram,   makhruh,   sah  dan  bathal.

Wajib.  :  Arti wajib  pada syara’, apabila dikerjakan mendapat pahala, dan   apabila   ditinggalkan  mendapat   dosa   atau  siksa,  seperti : Shalat,   Puasa,   Zakat   dan   perbuatan  yang  diwajibkan   lainnya.

Sunnat. :   Arti  sunnat  pada  syara’,  apabila dikerjakan mendapat  pahala  dan apabila ditinggalkan tiada  dosa,  seperti : banyak membaca Al-Qur’an,  Shalawat,  shalat  Tarawih  dan  ibadaht  sunat   lainnya.

 Haram.  :  Arti  haram pada  syara’,  apabila  dikerjakan  mendapat  dosa   dan     

 apabila ditinggalkan (dapat menahan nafsunya) mendapat  pahala, seperti :   mencuri,  berzinah,   berjudi,   dan    berbohong.

Makhruh.  :  Arti makhruh pada  syara’, apabila dikerjakan tidak berdosa dan apabila ditinggalkan mendapat pahala, seperti: merokok, makan jengkol,   makan   petai,   dan   sebagainya.

 Harus.    :  Arti  harus   pada   syara’,  apabila dikerjakan   tidak   berdosa  dan

 apabila  ditinggalkan   tiada   berpahala,   seperti  :  makan, minum, tidur,   dan sebagainya. (Dan terkadang  yang  harus  itu menjadi sunnat), mitsalnya :    makan  diniatkan untuk menguatkan  ibadaht   kepada   Allah   Ta’ala.

 Sah.     :  Arti  sah  pada  syara’,  ialah cukup  pada  rukunnya dan syaratnya.

 Bathal.  :  Arti bathal  pada   syara’,  ialah  apabila  kurang  satu  dari  pada

 keduanya  ( rukun – syarat ).

{2}.    Hukum  Adat.

Hukum  Adat   yaitu :  Menetapkan  suatu  barang  bagi  suatu  barang,  atau mentiadakan  suatu  barang  karena  berulang – ulang  serta  sah  bersalahan,  dan   lagi   dengan   tiada   memberi   bekas   salah   satunya.

Dan  Hukum  Adat  itu  terbagi  atas  empat  bagian. 

Pertama. :   Perikutan   pada   suatu   barang   dengan   suatu  barang. Yaitu :

Ada  kenyang  dengan  ada  ( sebab )  makan.

Kedua. :  Perikutan tidak  suatu  barang  dengan tiada  suatu barang.  Yaitu :

Tidak  kenyang  dengan  tiada  makan.

Ketiga.  :  Perikutan ada  suatu  barang  dengan  tiada  suatu  barang.  Yaitu :

 Ada  angin  dengan  tiada  berkain.

Empat. :  Perikutan  tidak  suatu  barang  dengan  ada  suatu barang.  Yaitu :

Tidak  kehujanan  dengan  keadaan  payung.

{3}.     Hukum  ‘Aqal.

 Hukum ‘Aqal  yaitu : ‘Aqal  yang  sempurna  yaitu,Nur  (cahaya) yang  ditaruk  pada  hati  orang  mukmin.  Dengan  cahaya  itu  dapatlah  mengetahui  akan   suatu  ‘ilmu,  yang  tidak  berhajat  pada  dalil   ‘ilmu  nadhari.   Yaitu :  

Menetapkan   suatu    barang    bagi   suatu   barang,     atau    mentiadakan   padanya   dengan   tiada  terhenti   berulang – ulang   seperti  hukum  adat,  lagi  tiada  terhenti  tertaruk  oleh  yang   menaruk   seperti  hukum   syara’.

Adapun  hukum  ‘aqal   terbagi  atas  tiga  bagian :                                                  

{1}.   Wajib.        :  Arti  wajib  pada ‘aqal  yaitu, barang  yang  tak dapat  diterima oleh  ‘aqal    tiadanya.    Mitsalnya  :   Tentu   ada   tukang   yang membuat   rumah   ini.    Tentu   ada   yang   membuat   kitab   ini.  Dan  tentu  ada   Qudraht (kuasa) bagi  Allah  Ta’ala.                       

{2}.   Mustahil.   :  Arti   mustahil   pada  ‘aqal  yaitu,  barang  yang  tak  dapat  diterima  oleh  ‘aqal  adanya.   Mitsalnya :  Ada   satu  benda  tidak  bergerak  dan tidak  berdiam pada  suatu  masa, dan  seperti ada lemah bagi  Allah. Maha Suci Allah dari  shifat kekurangan.                     

{3}.   Harus.        :  Arti   harus  pada   ‘aqal   yaitu,   barang   sah    diterima    oleh  ‘aqal    adanya   dan   tiadanya.   Mitsalnya  :   Lahirnya   seorang anak  manusia  kedunia  ini. Dan  Allah Ta’ala  yang mengadakan   sekalian  alam  ini,   atau  meninggalkan  atas  tiadanya.

Keterangan  :

 Setelah  sudah  di ketahui  akan  wajib   syara’   dan  wajib  ‘aqal,  tentulah  bahwa  keduanya  ini  adalah  artinya  berlainan.

{1}.  Apabila dikatakan atau  disebut  orang,  wajib   atas   tiap-tiap  mukhalaf  (‘akil  baligh)  maka  maksudnya  itulah   wajib  syara’.

{2}.  Dan  apabila  dikatakan  atau  disebutkan  orang,   wajib  bagi  Allah  Ta’ala    Maka  maksudnya  itulah   wajib  ‘aqal.

{3}. Demikian pula jika  dikatakan atau  disebutkan  orang,  Jaiz  (harus)bagi   mukhalaf   memperbuatnya, maka maksudnya itulah  : Jaiz  syar’iy (harus  pada  syara’ ).

{4}.   Dan  juga   apabila  dikatakan  atau  disebutkan  orang, Jaiz   (harus)  bagi  Allah Ta’ala,  maka  maksudnya  itulah :  Jaiz ‘aqli  (harus  pada ‘aqal ).

0 komentar: